RTH Jadi Prioritas, Pemkot Depok Targetkan Buat 10 Taman Tiap Tahun

  • Berita
RTH Jadi Prioritas, Pemkot Depok Targetkan Buat 10 Taman Tiap Tahun

Keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) dalam sebuah tata kota memang sangat penting. Selain membuat lingkungan tampak hijau dan segar, adanya urban open space ini juga difungsikan sebagai kawasan resapan air sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir saat musim hujan.

Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menargetkan pembangunan 10 taman setiap tahunnya. Pada 2021, diharapkan dapat terbangun 148 taman di seluruh penjuru kota Depok.

"Hal itu dilakukan sebagai upaya mengejar ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok. Sekarang Kota Depok baru memiliki 105 taman di 21 kelurahan, baik taman tingkat RW maupun taman tingkat kelurahan." tutur Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Diana Puspita Sari, Senin (22/1).

Untuk mendukung program pembangunan RTH ini, PT HK Realtindo mengusung konsep Smart Green Living pada perumahan di Depok besutannya, bernama H City Sawangan.

Memadukan lahan hunian dengan ruang terbuka hijau berupa taman dan danau buatan, menjadikan H City Sawangan sebagai perumahan di Depok yang asri dan ideal untuk masyarakat yang ingin hidup sehat. Meskipun letaknya di sisi jalan raya, tak lantas membuat perumahan H City Sawangan terkontaminasi banyak polusi.

Adanya ruang terbuka hijau H City Sawangan menjadi bukti bahwa pembangunan RTH tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah kota saja, tapi semua lapisan masyarakat harus ikut andil dalam pembangunan ini. Untuk itu, PT HK Realtindo mencoba untuk membantu mewujudkan target Pemkot Depok dalam pembangunan tata kota seperti lahan hunian dan ruang terbuka hijau melalui perumahan H City Sawangan.