Mengalihkan KPR, Solusi Jitu Atasi Cicilan Yang Memberatkan

  • Berita
Mengalihkan KPR, Solusi Jitu Atasi Cicilan Yang Memberatkan

Jalan alternatif saat Anda tak sanggup membeli rumah secara tunai adalah menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Cara ini banyak dipakai masyarakat karena dinilai sangat aman dan membantu untuk segera memiliki rumah idaman.

Biasanya jangka waktu KPR yang ditetapkan bank adalah 10 hingga 15 tahun. Dalam 1-2 tahun pertama mungkin Anda tak merasa terbebani, tapi tak jarang juga setelah beberapa tahun kemudian Anda baru merasakan beratnya. Hal ini bisa terjadi karena beragam alasan mulai dari sudah punya anak, pendapatan menurun, hingga kehilangan pekerjaan.

Lalu, apa yang akan Anda lakukan jika terjadi situasi seperti ini? Putus asa dan menjual rumah yang masih KPR? Tentu tidak dong, pasti ada solusinya!

Menurut situs properti Rumah123, salah satu langkah yang bisa Anda ambil adalah mengalihkan KPR ke bank lain. Tapi perlu diketahui juga, mengalihkan KPR ke bank lain bukanlah perkara yang mudah. Apakah ini langkah yang tepat? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak, tergantung dari kebutuhan Anda.

Untuk mengetahui apakah Anda harus mengambil langkah ini atau tidak, cobalah pertimbangkan beberapa hal berikut.

Pertama, cobalah negosiasi ulang dengan Bank KPR Anda saat ini. Mintalah penurunan suku bunga dan jelaskan alasan keberatan Anda. Jika ditolak, terpaksa Anda harus mengalihkan kredit ke bank lain. Tapi perlu diketahui juga, tidak semua bank bisa mengambil alih kredit atau menerima Kredit Pemilikan Rumah (KPR) baru sebelum Anda melunasinya terlebih dulu.

Saat akan mengalihkan Kredit Pemilikan Rumah ke bank lain, pastikan Anda sudah mencari tahu lebih dalam tentang KPR di bank tersebut. Misalnya apakah suku bunganya lebih rendah, dan bagaimana dengan rincian angsurannya. Jika memang suku bunganya sama, bukannya meringankan beban Anda tapi malah akan merugikan.

Kenapa merugikan? Karena mengalihkan kredit pemilikan rumah ke bank lain sama halnya dengan mengajukan KPR baru. Di setiap pengajuan kredit ada biaya yang harus dibayarkan yaitu biaya administrasi, appraisal, notaris, provisi, dan asuransi. Bahkan, ada beberapa bank menetapkan biaya penalti pelunasan lebih awal.

Perhitungkan semuanya dengan matang! Setelah itu, Anda akan mendapat jawaban apakah mengalihkan KPR ke bank lain akan menjadi solusi dan meringankan beban, atau justru makin memberatkan.