Tinggal di Rumah Cluster, Ternyata Banyak Keuntungannya!

  • Artikel
Tinggal di Rumah Cluster, Ternyata Banyak Keuntungannya!

Rumah dengan sistem cluster atau rumah cluster adalah perumahan yang dibangun berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah yang serasi. Rumah cluster biasanya dibangun pada lahan yang kecil di perkotaan. Tiap rumah memiliki tampak muka yang sama, memiliki manajemen lingkungan yang modern dan rapi, serta sistem keamanan yang ketat

Ciri khas dari rumah cluster adalah tidak memiliki pagar di setiap rumah dan memiliki tembok tinggi sebagai pemisah antara rumah satu dengan yang lain. Ada satu gerbang utama yang menjadi jalur keluar-masuk atau istilahnya one gate system. Berhubung desain bawaan rumah cluster biasanya tanpa pagar, tak jarang pemilik rumah harus menambah pagar sendiri. Walaupun sebenarnya, developer membangun rumah cluster tanpa pagar bukan tanpa alasan. Sisi estetika dan keamanan lah yang dipentingkan.

Untuk Anda yang ingin memiliki rumah cluster, ternyata banyak keuntungannya juga lho. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

Keuntungan Membeli Rumah Cluster

1. Keamanan Rumah Terjamin

Pada rumah cluster, keamanan adalah yang utama. Sistem keamanan 1x24 jam menggunakan cctv sehingga lebih mudah dipantau. Beberapa perumahan dengan rumah cluster juga memberlakukan sistem ID Card, jadi yang boleh masuk hanya orang tertentu.

Tapi ini bukan berarti orang lain tidak boleh masuk, boleh hanya biasanya akan dimintai KTP atau tanda pengenal lain. Maklum, keamanan benar-benar dijunjung tinggi sehingga rumah tetap terjaga.

2. Terjalin Sosialisasi dengan Tetangga

Jarak antar rumah yang dekat, rumah tanpa pagar yang membuat seolah-olah rumah Anda dan tetangga tanpa sekat, serta jumlah rumah yang cukup banyak membuat sosialsi antarwarga terjalin. Keuntungan ini yang tidak Anda dapatkan di perumahan besar. Interaksi antarwarga lebih bebas sehingga Anda bisa lebih akrab dan mudah untuk saling tolong-menolong.

3. Anak-Anak Bebas Bermain

anak bebas bermain di rumah cluster

Keuntungan membeli rumah cluster lainnya adalah dilengkapi dengan halaman luas terbuka. Ini memungkinkan anak-anak untuk lebih bebas bermain. Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda mengenal betul para tetangga sehingga bisa tahu anak Anda bermain dengan siapa. Jarang ada kendaraan yang berlalu lalang juga membuat anak semakin leluasa untuk bermain.

4. Rumah Terasa Lebih Luas

Dibangun tanpa pagar mengesankan rumah lebih luas dari ukuran sebenarnya. Anda juga bisa memilih cat warna cerah untuk kesan luas ini. Ditambah, rumah cluster biasanya memiliki pemandangan taman yang banyak, sehingga lingkungan rumah lebih indah dan asri.

5. Fasilitas Yang Cukup Memadai

Meskipun pada umumnya rumah cluster dibangun di lahan yang kecil, pengembang biasanya tetap akan memberi fasilitas lebih. Seperti taman bermain, jogging track, kolam renang, dan akses yang dekat dengan angkutan umum.

6. Nilai Investasi Tinggi

Nilai investasi tinggi pada rumah cluster disebabkan oleh eksklusivitas, keamanan, serta privasi yang ditawarkan. Permintaan yang semakin meningkat sebanding dengan harga yang terus meningkat di tiap tahunnya. Oleh karenanya, rumah sistem cluster dirasa cukup menguntungkan untuk investasi properti.

Bagaimana, menarik bukan? Memang rumah atau tempat tinggal adalah kebutuhan primer yang harus Anda penuhi. Jadi, Anda harus pintar memilih rumah yang sesuai dengan kebutuhan, cocok dengan dana yang dimiliki, dan perhatikan pula faktor lingkungan dan kenyamanan.