Rumah Sehat, Awal Dari Tubuh yang Sehat

  • Artikel
Rumah Sehat, Awal Dari Tubuh yang Sehat

Masih ingat dengan semboyan mens sana in corpore sano? Ya, semboyan Latin ini bermaknakan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Seperti yang kita ketahui, sehat itu mahal. Begitu mahalnya, bisa kita rasakan betapa nikmatnya jika dalam keadaan sehat.

Memiliki tubuh sehat ternyata tidak hanya didukung dari makanan yang dikonsumsi dan rutinitas olahraga saja, tapi juga lingkungan termasuk rumah. Tanpa menjaga kebersihan dan kesehatan rumah, mustahil Anda sebagai penghuninya memiliki kesehatan yang baik pula. Karena ada beberapa tempat di rumah sangat berkuman jika tidak di bersihkan dan akan menjadi sarang penyakit.

Maka dari itu, yuk jadikan rumah bersih dan sehat, begini tipsnya!

#1. Tambahkan taman agar rumah lebih segar dan cantik

Bunga, pepohonan, dan tanaman hijau akan membantu menghasilkan udara yang baik di sekitar rumah. Anda bisa memanfaatkan lahan di depan atau belakang rumah untuk membuat taman. Jika tidak memadai, Anda bisa buat taman vertikal kecil dengan pot gantung. Warna hijau dan energi dari tanaman-tanaman ini akan membawa ketenangan bagi Anda dan seluruh penghuni rumah.

#2. Pastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang cukup

Rumah terasa pengap dan lembab? Hal ini karena rumah tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup. Cobalah membuka jendela dan beberapa ventilasi udara di pagi hari, biarkan udara dan cahaya masuk menyinari rumah Anda. Rumah dengan udara dan pencahayaan yang baik adalah salah satu rumah sehat.

#3. Sistem pembuangan sampah yang bagus

Mustahil jika Anda tidak menghasilkan sampah rumah tangga setiap harinya. Untuk menjaga rumah agar tetap sehat dan bersih, biasakan untuk tidak menumpuk sampah di dalam rumah. Anda memang harus menyediakan tempat sampah di beberapa ruangan, tapi juga harus rajin membuangnya di tempat sampah luar rumah atau tempat pembuangan umum.

Mungkin sedikit repot. Tapi ini tidak akan terjadi jika Anda memiliki rumah di H City Sawangan. Di perumahan cluster ini tersedia fasilitas sistem pembuangan sampah yang baik. Dengan begitu, rumah Anda akan terbebas dari bau, kuman, dan bakteri yang menyebar ke seluruh ruang.

#4. Bebas dari genangan air

Sudah tahu kan kalau genangan air itu sarang nyamuk? Jangan biarkan hal ini terjadi! Jika Anda memiliki kolam ikan, pastikan saluran air terawat dengan baik. Selain itu, rawat parit atau selokan yang menjadi jalur pembuangan air di rumah Anda, pastikan agar air lancar mengalir tanpa ada genangan dalam waktu yang lama khususnya saat musim hujan.

#5. Jagalah agar selalu bersih dan rapi

Terakhir, Anda juga harus hidup sehat dengan cara membiasakan selalu menjaga rumah agar tetap bersih dan rapi. Sapu dan pel ruangan setiap hari jika perlu, bersihkan debu yang menempel pada rak, lemari, dan lainnya secara rutin. Ketahui area yang mudah kotor dan bersihkan sesering mungkin. Rumah yang bersih adalah rumah yang sehat.

Itulah beberapa tips membuat rumah sehat dan bersih. Bagaimana, sangat mudah kan? Di H City Sawangan, Anda akan lebih dimudahkan lagi dengan sistem keamanan dan kebersihannya yang terjamin. Rumah yang sehat akan menularkan semangat positif pada diri Anda sehingga membuat hidup Anda menjadi lebih sehat.


Related Articles

Category