Rumah Bekas vs Mobil Bekas. Mana yang Lebih Untung?

  • Artikel
Rumah Bekas vs Mobil Bekas. Mana yang Lebih Untung?

“Jika punya dana yang cukup, pilih beli rumah bekas atau mobil bekas?”

Pertanyaan tersebut mungkin menjadi dilema tersendiri bagi banyak orang, tak terkecuali generasi milenial. Meskipun, generasi ‘kekinian’ ini lebih cenderung menggunakan uangnya untuk liburan atau membeli kendaraan model terbaru.

Lalu, apakah lebih baik memiliki rumah bekas atau kendaraan bekas ya? Terlepas dari kedua pilihan tersebut, cobalah Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu tentang kebutuhan mana yang harus didahulukan. Bahkan, Anda bisa menentukannya berdasarkan aspek berikut.

Rumah Bekas vs Mobil Bekas

Investasi

Jika memang dana yang tersedia mencukupi untuk beli rumah, sebaiknya jangan menundanya meskipun Anda mendapati rumah bekas. Alasannya, harga properti tidak pernah mengalami penurunan. Meski harga bangunan bisa turun, tapi harga tanah terus meroket ‘kan?

Jadi, walaupun Anda memiliki rumah bekas, tetap bisa menjadi lahan investasi properti yang menjanjikan di masa depan.

Sedangkan mobil bekas otomatis akan mengalami penurunan harga jika suatu saat Anda ingin menjualnya. Biasanya harga mobil akan turun drastis alias terjun bebas karena tergantung pada tahun pembuatan dan kondisi kendaraan tersebut.

Sifatnya

Secara fisik rumah bersifat diam. Artinya rumah bukanlah benda yang bergerak. Kalaupun membeli rumah bekas, Anda bisa merenovasinya secara bertahap dalam kondisi sudah ditempati.

Lalu mobil bekas bagaimana? Karena bersifat gerak, maka harus ada yang dibereskan terlebih dahulu agar dapat digunakan dengan nyaman. Sedangkan, dana yang harus disiapkan untuk ke bengkel pun tidaklah murah.

Psikologis

Bagi pasangan muda memang sebaiknya membeli rumah jika memiliki dana lebih. Walaupun rumah bekas, tetapi Anda sudah punya rumah sendiri sehingga dapat belajar untuk hidup mandiri. Selain itu, Anda dan pasangan juga dapat menata rumah sesuai dengan selera dan mungkin tidak dapat dilakukan bila masih menumpang di rumah orangtua.

Sedangkan membeli mobil bekas bukanlah sebuah keharusan yang mendesak. Walaupun Anda memang belum memiliki kendaraan, tapi Anda masih bisa menggunakan kendaraan umum dengan nyaman.

Mungkin untuk memiliki rumah sekaligus mobil secara bersamaan memang akan terasa memberatkan. Tapi, cobalah untuk berpikir secara bijaksana berdasarkan aspek-aspek di atas tadi. Manfaatkanlah dana yang tersedia sebaik mungkin dengan melihat faktor negatif atau positifnya.

Sebenarnya, semua tergantung kebutuhan Anda! Namun, pasti akan banyak keuntungan yang diperoleh jika Anda menggunakan uang tersebut untuk membeli rumah. Jika Anda masih memiliki dana, gunakan untuk  merenovasi rumah secara bertahap agar menjadi lebih nyaman.


Related Articles

Category