Mau Pindah Rumah? Ini 5 Tips Menempati Rumah Baru

  • Artikel
Mau Pindah Rumah? Ini 5 Tips Menempati Rumah Baru

Menempati rumah baru memang hal yang menyenangkan sekaligus hal yang ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak, Anda mungkin telah melalui banyak proses untuk mendapatkan rumah baru. Ternyata, pindah ke rumah baru pun juga ada tata caranya. Anda mungkin tidak serta-merta bisa langsung santai, tapi ada hal yang harus Anda lakukan saat pindah ke rumah baru.

Cobalah lakukan beberapa tips menempati rumah baru berikut ini.

 

1. Buka semua ventilasi udara dan cek kembali fasilitas dalam rumah

Buka semua jendela agar sirkulasi udara segar bisa masuk ke rumah Anda dan rasakan energi baru. Cek kembali seluruh fasilitas yang ada dalam rumah. Periksa apakah semua instalasi lampu berfungsi, nyalakan semua keran-keran air termasuk shower, pastikan jaringan listrik dan air di rumah baru dalam keadaan baik.

Begitu juga dengan saluran pembuangan dan sistem pengangkutan sampah. Jika semua aman, Anda bisa merasa tenang untuk menempati rumah baru.

2. Bersihkan rumah secara menyeluruh

Tips mengisi rumah baru berikutnya adalah sterilkan rumah dengan membersihkannya secara menyeluruh. Bersihkan semua perabot dan seluruh sisi-sisi rumah dari debu dan kotoran. Sapu dan pel seluruh ruangan, bersihkan kaca, dan bersihkan pula latar dan tanaman di depan maupun di belakang rumah jika ada. Nyalakan pendingin ruangan atau semprotkan pengharum ruangan agar terasa lebih segar.

3. Sortir barang pindahan dan hindari membongkar semuanya

Setelah semua barang-barang dari rumah lama dipindahkan ke rumah yang baru, lakukanlah penyortiran. Atur barang-barang sesuai dengan kelompoknya, pikir ulang untuk menata barang-barang tersebut di rumah baru. Siapa tahu ada barang yang sudah tidak diperlukan yang bisa Anda berikan pada orang lain jika masih layak pakai.

Hindari langsung membongkar semua barang karena hal itu justru membuat rumah lebih berantakan. Buatlah skala prioritas tentang furnitur, mana yang fungsional dan lebih penting. Perhitungkan dengan baik barang apa yang harus disimpan, dikeluarkan, atau dibeli baru.

home interior design

4. Atur perencanaan ruang dan tata letak furnitur

Mengatur desain interior rumah juga menjadi salah satu tips mengisi rumah baru. Atur tata letak barang dan furnitur sesuai dengan desain interior rumah yang diinginkan. Lebih baik lagi jika Anda sudah memiliki referensi gambaran mengenai perencanaan ruang dan tata letak sebelumnya, sehingga dapat mempersingkat waktu untuk menata semua perabot.

5. Berkenalan dengan lingkungan baru

Tips pindah ke rumah baru yang terakhir dan tidak kalah penting, berjalanlah ke lingkungan sekitar. Sapalah tetangga yang Anda temui, cari tahu pasar dan masjid terdekat, gali informasi tentang lingkungan sekitar jika memungkinkan. Intinya, berkenalan dengan lingkungan baru.

Jika rumah Anda berada di perumahan dengan sistem cluster, tentu akan sangat mudah. Karena salah satu keuntungan punya rumah dengan sistem cluster adalah mudah bersosialisasi dengan tetangga.

Jika semua hal di atas telah Anda lakukan, bisa dipastikan Anda akan lebih nyaman untuk menempati rumah baru. Meski terlihat sedikit melelahkan, namun lakukanlah hal tersebut dengan senang hati dan telaten. Sebab menempati rumah baru berarti Anda siap dengan semangat dan energi yang baru.