Jangan Buru-Buru Upgrade Rumah, Anda Harus Siapkan Ini!

  • Artikel
Jangan Buru-Buru Upgrade Rumah, Anda Harus Siapkan Ini!

Pada artikel sebelumnya, H City Sawangan sudah membahas mengenai generasi milenial harus punya rumah dulu, upgrade kemudian. Ya, seiring dengan meningkatnya pendapatan, seseorang yang sudah memiliki rumah cenderung ingin mencari hunian baru yang lebih besar atau lebih mewah dari huniannya saat ini. Hal itu biasa disebut dengan upgrade atau upsize.

Keputusan untuk meng-upgrade rumah ternyata tidak boleh sembarangan lho. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelumnya agar upgrade rumah tidak setengah-setengah atau bahkan terlilit utang.

Lalu hal apa saja? Dilansir dari situs properti Rumah123, berikut H City Sawangan merangkumnya untuk Anda.

#1 Hitung Kemampuan Kredit

Saat Anda mengajukan KPR, bank akan menilai jumlah kredit yang akan dikucurkan berdasarkan penghasilan, pengeluaran, jumlah tanggungan, status perbankan dan tenor yang diajukan. Jadi, meskipun penghasilan meningkat, belum tentu Anda akan mendapat jumlah kredit yang besar!

#2 Punya Tujuan Upgrade

Apa tujuan Anda upgrade ke rumah yang lebih besar? Untuk ditempati bersama keluarga atau investasi? Tujuan ini tentu akan memengaruhi kriteria rumah yang akan dibeli.

#3 Hitung Biaya Tambahan

Rumah besar jelas membutuhkan dana perawatan yang lebih banyak ketimbang rumah minimalis. Begitupun ketika melakukan renovasi. Dalam kurun waktu tertentu, sebuah properti harus direnovasi demi kenyaman dan keamanan penghuninya.

Selain biaya maintenance, Anda juga perlu membayar pajak yang lebih besar karena dihitung sesuai luas lahan dan bangunannya. Sudah siap dengan biaya-biaya ini?

#4 Perhatikan Selisih Harga

Namanya juga upgrade, pastinya Anda harus menjual rumah lama dulu sebelum membeli yang lebih besar. Nah, pastikan selisih antara harga jual rumah lama dan harga beli rumah baru sudah masuk di perhitungan Anda.

Intinya, dari perencanaan yang matang hingga biaya yang cukup Anda perlu mempersiapkan semuanya!  Sudah siap upgrade rumah?