Ini Perbedaan Investasi dan Tabungan. Anda Sudah Tahu?

  • Artikel
Ini Perbedaan Investasi dan Tabungan. Anda Sudah Tahu?

Sekarang ini, investasi sudah bukan hal tabu lagi bagi masyarakat Indonesia. Sudah banyak orang yang melakukan investasi untuk masa depan mereka. Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa investasi dan tabungan merupakan dua hal yang sama. Tapi, tahukah Anda bahwa investasi dan tabungan merupakan dua hal yang berbeda? Fungsi dan tujuannya pun berbeda. Lalu, apa ya perbedaannya? H City Sawangan akan menjelaskannya berikut ini!

Perbedaan Investasi dan Tabungan

Pengertian Investasi

pengertian investasi

Investasi adalah langkah menanamkan modal dengan harapan akan mendapat manfaat lebih di masa depan. Investasi ini bertujuan untuk kepentingan jangka panjang, jadi tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak. Investasi banyak macamnya, dari mulai yang high risk hingga low risk, diantaranya properti, saham, emas batangan, reksa dana dan lainnya.

Contohnya investasi properti. Meskipun memiliki risiko yang lumayan tinggi, investasi properti memiliki pertambahan nilai aset lebih cepat. Dalam jangka waktu 2 tahun saja investasi properti menjanjikan keuntungan lebih dari 20%.

Pengertian Tabungan

pengertian tabungan

Tabungan adalah proses penyimpanan sebagian dari pendapatan untuk kepentingan masa depan atau keperluan tertentu. Walaupun pada praktiknya, tabungan juga bisa menjadi aset yang akan terus bertambah jumlahnya meski lebih lambat daripada investasi (tabungan yang berbunga).

Tabungan sendiri umumnya merupakan sebuah produk dari bank tertentu. Terbagi dalam beberapa jenis, diantaranya yang paling umum adalah tabungan jangka pendek yang berfungsi untuk berjaga-jaga, tabungan untuk menambah nilai aset, ataupun tabungan yang minim risiko.

Persyaratannya pun cukup mudah, Anda cukup membuka rekening tabungan dengan setoran dana awal yang relatif kecil.

Lalu, lebih menguntungkan investasi atau tabungan?

Sebenarnya, keduanya sama-sama menguntungkan. Tabungan bisa Anda jadikan sebagai dana darurat ketika dibutuhkan. Namun perlu Anda tahu, jika jumlah saldo tabungan terbatas, nilai saldo bisa berkurang karena tergerus potongan biaya admin dan pajak. Sedangkan untuk jangka panjang, Anda bisa investasi properti untuk mendapat keuntungan yang lebih besar. Semua tergantung kebutuhan Anda!

Nah, hal inilah yang sering kali membuat orang salah mengerti perbedaan investasi dan tabungan. Pasalnya, keduanya memang berfungsi untuk menjaga atau melipatgandakan aset yang Anda miliki. Hanya penerapannya saja yang berbeda. Akan tetapi, jika Anda sudah memiliki tabungan dan masih bisa menyisihkan gaji, ada baiknya untuk berinvestasi.

Dengan menabung ataupun berinvesasi tentu akan mengurangi sifat konsumtif Anda. Bukankah akan lebih baik seperti itu? Yuk cerdas berinvestasi!


Related Articles

Category