DP Rumah Sedang Turun, Saatnya Beli Rumah!

  • Artikel
DP Rumah Sedang Turun, Saatnya Beli Rumah!

Harga rumah memang tidak akan pernah turun, setiap tahun selalu mengalami kenaikan. Meskipun turun, jumlahnya tidak akan signifikan. Karenanya, rumah dinilai menjadi aset  investasi properti yang sangat menguntungkan. Selain itu, kebanyakan orang menganggap rumah lebih nyaman dihuni dibanding apartemen.

Saat ini, masyarakat bisa lebih mudah memiliki rumah dengan adanya program KPR. Tapi tetap saja, pembayaran DP rumah masih menjadi kendala karena dinilai terlalu tinggi. Eits.. Jangan sedih dulu! Anda masih bisa kok punya rumah idaman. Ternyata saat ini Bank Indonesia sudah merubah kebijakan mengenai besaran DP rumah.

BI Menurunkan Presentase DP Rumah

Ya, di pertengahan tahun 2016 lalu, beberapa kebijakan yang bakal diterapkan Bank Indonesia (BI) seolah menjadi angin segar bagi masyarakat yang berencana membeli rumah secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Pasalnya, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Juni 2016 lalu memutuskan untuk menurunkan BI Rate sebesar 25 bps menjadi 6,50%.

Imbasnya, DP rumah yang semula ditetapkan sebesar 20% turun menjadi 15% saja! Bahkan ada beberapa developer yang berani menetapkan DP propertinya hanya 10%.

BI Rate Turun, Saatnya Memburu Rumah Impian

Sebaiknya, kebijakan baru ini Anda manfaatkan untuk segera membeli rumah. Hal ini bisa Anda lakukan dengan beberapa strategi jitu membeli rumah dengan cepat. Simak langkahnya berikut ini:

1. Membuka Tabungan Bersama

Jika Anda pasangan muda yang baru menikah, mulailah membuka rekening khusus untuk menabung uang muka. Agar jumlah tabungan dapat terisi dengan cepat, ajaklah pasangan untuk ikut berperan menyisihkan sebagian gajinya.

Sisihkan pendapatan Anda dan pasangan sekitar 10 – 15 % untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Sebaiknya, tabungan ini tidak boleh di ganggu gugat karena akan dipergunakan sebagai DP rumah.

2. Berburu Promo Properti

Inilah saat yang tepat untuk berburu properti! Biasanya para pengembang akan menawarkan promo-promo menarik di waktu tertentu. Misalnya promo akhir tahun, awal tahun, atau di hari-hari penting lainnya.  Bahkan ada juga pengembang yang berani memberikan harga beli di bawah rata-rata alias murah meriah. Biasanya pengembang seperti ini sudah memiliki “nama” dan dipercaya oleh banyak bank untuk menjalin kerja sama.

3. Memilih Lokasi Rumah di Pinggiran Kota

Sudah bukan rahasia lagi bahwa harga rumah di pusat kota memiliki harga yang luar biasa mahal dibanding dengan rumah yang berada di pinggiran kota. Mumpung sedang ada program DP murah, memilih rumah di pinggir kota dapat menjadi solusi, karena sudah pasti mempunyai harga miring. Tentunya harga rumah akan mempengaruhi DP yang harus dibayarkan.

Salah satu perumahan yang bisa dijadikan pilihan adalah H City Sawangan. Ya, walaupun tidak terletak di pusat kota, tapi perumahan cluster ini memiliki lokasi yang strategis. Berada di sisi jalan raya Parung, menjadikan perumahan ini dekat dengan kota Bogor, Tangerang Selatan, dan Jakarta.

Lebih lengkapnya, baca juga keuntungan punya rumah di H City Sawangan.

H City Sawangan

4. Manfaatkan Dana dari BPJS Ketenagakerjaan

Karyawan jaman sekarang sudah wajib dilindungi oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan. Jika Anda sudah menjadi anggota BPJS lebih dari setahun tanpa ada tunggakan, maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas dana tunai yang ada di BPJS sebagai tambahan DP rumah.

Adapun nama programnya adalah Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP). Pinjaman ini memang akan dikenakan bunga yang sangat ringan, sekitar 3% flat dengan jangka waktu pinjaman hingga 20 tahun!

5. Berburu Program Bank

Sekarang banyak bank yang bersaing untuk menawarkan suku bunga lebih rendah. Anda dapat mulai berburu program bank mana yang sesuai dengan kesanggupan Anda. Misalkan, Anda dapat menggunakan bank yang menawarkan program bebas biaya administrasi atau provisi.

Mau cepat punya rumah dengan harga yang murah memang Anda harus rajin mencari informasi, terutama yang gencar menawarkan promo murah. Jika sudah memilih lokasi rumah serta bank yang akan digunakan, saatnya Anda fokus membayar cicilan. Oleh karenanya, harga rumah juga sangat penting untuk dipertimbangkan sesuai kemampuan finasial agar tidak menjadi beban.