7 Cara Hemat Membuat Anggaran Renovasi Rumah Minimalis

  • Artikel
7 Cara Hemat Membuat Anggaran Renovasi Rumah Minimalis

Apa resolusi Anda di tahun ini? Liburan, renovasi rumah, atau membeli rumah baru? Jika salah satu wishlist Anda ingin merenovasi rumah, tentu Anda harus segera menyusun anggarannya.

Perlu diketahui, renovasi rumah butuh dana yang cukup besar, bahkan bisa lebih mahal dari membeli rumah baru. Membuat rencana anggaran biaya atau RAB, memang sedikit rumit. Anda harus memperhatikan dengan detail setiap aspeknya agar bisa menekan biaya renovasi.

Adapun urutan yang benar dari RAB renovasi rumah adalah membuat desain, detail bahan material, rencana pekerjaan, standar bangunan, serta rincian tanggung jawab setiap aspek. Setelah itu, hitung pula volume pekerjaan, daftar upah tenaga kerja, serta analisis item tanggung jawab.

Nah, dari hal-hal tersebut Anda bisa memperkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Anggaran Renovasi Rumah?

Jika memiliki budget yang terbatas, Anda bisa mengikuti 7 cara hemat membuat anggaran renovasi rumah ala H City Sawangan berikut ini.

#1 Buat Perencanaan

Langkah pertama dan terpenting ketika membuat perencanaan renovasi adalah memilih arsitek. Begitu desain rumah sudah ada, saatnya menghitung kebutuhan dana sesuai spesifikasi bangunan dan material yang akan digunakan. Jika tidak ada arsitek, diskusilah dengan ahli bangunan.

#2 Buat Perjanjian

Apakah Anda akan menggunakan kontraktor untuk renovasi rumah? Jangan lupa buat perjanjian tertulis agar ada ikatan kerja yang jelas. Dalam perjanjian kerja itu, jelaskan lingkup pekerjaan, tanggung jawab, rencana waktu pekerjaan dan biaya.

perjanjian renovasi rumah

#3 Buat Skala Prioritas

Lihat bagian rumah mana yang harus segera di renovasi. Jika menambah kamar tidur menjadi prioritas, maka utamakan pekerjaan tersebut. Jangan tergoda merenovasi bagian rumah yang lain karena bisa membuat anggaran bengkak.

#4 Pekerjakan Orang Yang Profesional Dan Solid

Daripada merugi, lebih baik pekerjakan orang yang sudah ahli di bidangnya dan siap bertanggung jawab terhadap segala detail proyek pembangunan. Pekerja ini sudah termasuk dalam tim pengecatan, pemagaran, lanskap, perakitan dapur, pekerjaan ubin, dan sebagainya.

#5 Gunakan Bahan Yang Masih Bisa Dimanfaatkan Tapi Tetap Berkualitas

Selama renovasi rumah, pakailah bahan bangunan lama yang masih bisa dipakai. Jadi Anda tak perlu membeli bahan baru karena masih ada bahan lama yang layak. Ini bisa menjadi bentuk penghematan. Tapi jika tidak ada, pastikan Anda membeli bahan berkualitas tapi harganya bisa dinego. Meskipun biayanya agak mahal tetapi ketahanan rumah akan lebih terjamin hingga 10 atau 20 tahun.

#6 Minta Garansi Tiga Bulan

Setelah renovasi selesai, kontraktor biasanya memberi garansi tiga bulan. Selama waktu itu, jika pemilik rumah merasa ada keganjilan, kontraktor harus melakukan perbaikan. Misalnya, pemasangan keramik tidak rata, atap rumah masih bocor, salah pasang pipa air, hingga dinding rumah mengelupas.

#7 Hemat dengan Ide Kreatif dan Furnitur DIY

Buat kreatifitas Anda jadi nyata melalui furnitur DIY yang akan menghiasi rumah. Furnitur do it yourself akan sangat menghemat pengeluaran dan rumah minimalis bisa semakin indah dan cantik meskipun menggunakan bahan-bahan hemat.

Saatnya Mempersiapkan Dana!

Jika RAB sudah jelas, maka lakukan persiapan dana untuk renovasi rumah. Buat rumah semakin indah dan wujudkan resolusi Anda!